Membuat Tag Git


Bismillah...!
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,, baik jumpa lagi di embun pagi { media sharing computer and prorgramming } pada kali ini saya membagikan bagaimana sih cara membuat tags di git untuk kali ini saya menggunakan gitlab namun sama saja halnya dengan github, untuk tags sendiri fungsinya untuk apa ? fungsinya untuk bagaimana agar project kita yang sudah kita kerjakan sesuai rencana awal itu akan kita buat release atau version 1.0 dari project yang kita buat, dan apabila dari project yang kita buat ada revisi lagi maka kita tambahkan tags baru version 1.1. 

Okey langsung saja kita mulai, kebanyakan di VCS (Version Control System) git telah memiliki kemampuan  untuk membuat tag poin dalam sejarah pembuatan sebuah repository.
Pada kali ini kita akan membuat tag, menghapus tag, dan berbagi tag.

Membuat tag 
Git mendukung dua jenis tag: ringan dan beranotasi.

Tag ringan sangat mirip dengan cabang yang tidak berubah - itu hanya pointer ke komit tertentu.
Namun, tag beranotasi disimpan sebagai objek penuh dalam database Git. Mereka checksummed; berisi nama, email, tanggal tagger, memiliki pesan pemberian tag, dan dapat ditandatangani dan divertifikasi dengan GNU Privacy Guard (GPG). Umumnya disarankan agar anda membuat tag beranotasi sehingga anda dapat memiliki semua informasi ini, tetapi jika anda menginginkan tag sementara atau karena alasan tertentu tidak ingin menyimpan informasi lainnya, tag ringan juga tersedia.

Tag beranotasi
membuat tag ini mudah,  Cara termudah adalah menentukan -a kapan kita akan menjalankan tag perintah :

Pertama masuk ke dalam folder project yang akan di buat tag, kemudian pastekan script di bawah :
# git tag -a v1.0 -m 'version 1.0'

dan untuk mengecek apakah sudah jadi atau belum dengan perintah 
# git tag

maka jika berhasil akan terlihat versi berapa yang kita buat .



Tag -m menentukan pesan tagging, yang disimpan dengan tag. Jika Anda tidak menentukan pesan untuk tag beranotasi, Git meluncurkan editor Anda sehingga Anda dapat mengetikkannya.
Anda dapat melihat data tag bersama dengan komit yang ditandai dengan menggunakan git show perintah:


Tag Ringan


Cara lain untuk menandai komitmen adalah dengan tag yang ringan. Ini pada dasarnya adalah checksum komit yang disimpan dalam file - tidak ada informasi lain yang disimpan. Untuk membuat tag ringan, tidak menyediakan salah satu -a , -s atau -m pilihan, hanya memberikan nama tag:
$ git tag v1.4-lw
Untuk melihat hasil tag sama saja seperti tag beranotasi yaitu  $ git tag.

Berbagi Tag
Secara default, git push perintah tidak mentransfer tag ke server jauh. Anda harus mendorong tag secara eksplisit ke server bersama setelah Anda membuatnya. Proses ini seperti berbagi cabang jarak jauh - Anda dapat menjalankan git push origin <tagname>.

sigit@Sigit /v/w/h/lara-rollo> git push origin v1.0


Menghapus Tag
Untuk menghapus tag yang telah kita buat kita bisa masukkan script di bawah ini :
$ git push origin --delete <tagname>
tag name disini nama dari tag yang kita buat misalkan v1.0

Okey sekian tutorial untuk git tag kali ini semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi teman - teman coding dalam berkolaborasi dalam membuat suatu project.

Referensi :
https://rogerdudler.github.io/git-guide/index.id.html
https://git-scm.com/book/en/v2/Git-Basics-Tagging

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama